Tampilan menu Bakmie Loncat. (Sumber: Tokobay team)

Bakmie Loncat, Sajian Bakmi Unik nan Nikmat!

Tokobay Team
Tokobay Team
Facebook
Instagram
Twitter
LinkedIn

Ingin merasakan bakmi dengan kenikmatan yang berbeda? Kamu harus coba berbagai sajian dari Bakmie Loncat! Resto bakmi yang satu ini serba unik, mulai dari hidangan, nuansa, hingga nama penjualnya! 

Berlokasi di daerah Sawah Lio, Jakarta Barat, resto satu ini cukup strategis bagi para pecinta bakmi dengan cita rasa otentik khas Singkawang, Kalimantan Barat. Kedai bakmi ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi, saat jam makan siang tiba, dipastikan pengunjung datang silih berganti tanpa berhenti.

Tak hanya itu, nuansa restonya pun unik dengan sentuhan Chinese Retro di penjuru ruangannya. Terdapat berbagai pajangan yang  menghiasi setiap sudutnya, mulai dari Chunlian (kertas merah dengan aksara Cina), lampion, bahkan motor vespa! Dengan dekorasi yang ramai dan berkesan seru, resto ini memang cocok sekali dijadikan spot foto yang instagramable

Lantas, bagaimanakah dengan rasa dari hidangan yang disajikan di sini? Bagi yang penasaran dengan ulasan selengkapnya dari Bakmie Loncat, mari simak informasi di bawah bersama Minbay!

Kisah di Balik Bakmie Loncat

Tampak depan resto Bakmie Loncat. (Sumber: Tokobay team)

Sebelum mengulas berbagai menu andalannya, mari intip sedikit kisah awal mula berdirinya Bakmie Loncat! Pak Loncat—begitu panggilannya, sang pemilik resto awalnya tidak berkecimpung di dunia kuliner. Dulunya, ia adalah pengusaha sablon di Jakarta.

Akan tetapi, kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998 membuat ia harus menutup usahanya dan kembali ke kampung halamannya di Kalimantan. Saat itu, ia belum mempunyai rencana apapun untuk menyambung hidupnya kembali.

Namun, ketertarikannya dengan memasak dan makan bakmi membuatnya ingin belajar menjual bakmi versinya sendiri. Walaupun pecinta berat bakmi, Pak Loncat mengaku ia memiliki maag sehingga tak bisa makan bakmi terlalu sering.

Akhirnya, ia mencoba untuk membuat bakminya sendiri dengan harapan tidak membuat maagnya kambuh. Setelah meminta beberapa teman untuk mencicipi bakmi buatannya, ternyata rasanya cocok di lidah dan aman untuk perut mereka, membuat Pak Loncat semakin yakin.

Dari situlah akhirnya Pak Loncat berniat untuk membuka restoran bakminya di Kalimantan. Namun, saat itu ia enggan menyematkan nama aslinya untuk nama restorannya seperti kebanyakan penjual bakmi, karena namanya belum dikenal banyak orang sehingga kurang menjual. 

Agar terdengar unik, ia memutuskan untuk memberi nama “Bakmie Loncat” untuk restoran bakminya, bahkan nama panggilannya pun berubah menjadi  “Pak Loncat”.

Nama “Bakmie Loncat” terinspirasi dari proses memasak bakmi, di mana bakmi ‘dibuat loncat’ dari saringan ketika ditiriskan dari air rebusan. Setelah tiris, kemudian mie diaduk dengan berbagai campuran kecap dan bumbu racikan sendiri.

Setelah sukses berjualan bakmi di Kalimantan, ia akhirnya memutuskan untuk kembali lagi ke Jakarta untuk melanjutkan usaha bakminya. Namun, saat itu penjualan bakmi mengalami penurunan. Hingga akhirnya, ia kembali menggeluti usaha sablonnya.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2014 barulah ia lebih percaya diri untuk membuka restoran bakminya dengan nama yang sama di Ibu Kota. Tak disangka, bakmi buatannya laku diserbu oleh warga Jakarta. Hingga saat ini, Bakmie Loncat selalu ramai pengunjung sampai seringkali waiting list di akhir pekan. 

Menu Bakmie Loncat

Saat sesi wawancara, Pak Loncat mengungkapkan bahwa menu yang disajikan di Bakmie Loncat semuanya laris manis alias best seller. Namun, terdapat menu utama Bakmie Loncat yang wajib untuk pengunjung cicipi nih, Bayers!

Kira-kira, apa sajakah menu yang wajib dipesan saat mengunjungi Bakmie Loncat? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Bakmie Loncat

Tampilan Bakmie Loncat. (Sumber: Tokobay team)

Menu pertama yang harus kamu coba tentu saja Bakmie Loncat! Jangan kira kalau menu yang satu ini sama saja dengan bakmi pada umumnya. Satu porsi Bakmie Loncat disajikan dengan pangsit, bakso ikan, udang, hapiang, daging dan kulit babi. Dengan bumbu racikan rahasia dari tangan Pak Loncat, rasa menu yang satu ini sangat istimewa.

Menu ini disajikan dengan dengan kuah kaldu yang lengkap dengan angco, kacang kedelai, goji berry, dan potongan jeroan babi. Rasa kuah kaldunya yang gurih dan penuh rempah ini menjadikannya comfort food yang menghangatkan.

Kwetiau Loncat

Tampilan Kwetiau Loncat. (Sumber: Tokobay team)

Selain bakmi, ada pula menu Kwetiau Loncat yang juga tak kalah nikmat. Isian topping-nya sama seperti yang disajikan pada menu bakmie. Namun, kamu bisa meminta tambahan saus asam pedas yang membuat rasanya semakin spesial!

Semua menu di sini dibungkus dengan daun simpur jika kamu ingin take away. Pemakaian daun simpur bertujuan agar aromanya semakin harum. Pak Loncat mengatakan, daun simpur ini dibeli langsung dari Kalimantan. Bisa dipastikan, hidangan ini jadi semakin istimewa! 

Es Kedondong

Setelah kenyang, kamu bisa pesan Es Kedondong yang menyegarkan tenggorokan. Minuman ini banyak digandrungi pengunjung, lho! 

Banyak yang tak mengira kalau ternyata rasa Es Kedondong cukup ramai di mulut karena rasa manis, asam, dan sedikit asin berpadu menjadi satu. Sekilas, Es Kedondong ini rasanya mirip rujak, namun berupa minuman. 

Tak hanya segar, Es Kedondong memiliki banyak manfaat, seperti mengobati gangguan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mencegah risiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi, Bayers!


Setelah mengetahui kisah dan ulasan Bakmie Loncat, tak ada alasan lagi untuk tak mampir ke sini, kan? Sudah pasti, bakmi di sini tidak akan mengecewakan lidahmu. Apalagi, porsinya banyak dan topping-nya melimpah.

Jika kamu tertarik untuk mencicipi berbagai menu yang ada di Bakmie Loncat, kamu bisa datang ke lokasinya di Jl. Sawah Lio II No.6, RT.6/RW.1, Jemb. Lima, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11250. Datanglah sebelum atau setelah jam makan siang agar tidak antre, ya!

Bagimu yang ingin menghindari antre, kamu masih bisa menikmati aneka menu Bakmie Loncat dari rumah dengan pesan di aplikasi Tokobay! Tenang saja, harga menu di aplikasi sama seperti di resto, lho!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buruan pesan Bakmie Loncat di Tokobay sekarang! Jangan lupa download aplikasinya terlebih dahulu di App Store atau Play Store, ya!

Temui Cerita Lainnya