tips melayani pelanggan online

Ini Dia 7 Tips Melayani Pelanggan Online, Pemula Wajib Tahu!

Tokobay Team
Tokobay Team
Facebook
Instagram
Twitter
LinkedIn

Tips melayani pelanggan secara online penting seiring dengan berkembangnya bisnis e-commerce dan platform digital. Layanan pelanggan yang baik menjadi kunci untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Selain itu, cara tersebut juga dapat membantu meningkatkan kepuasan serta mendorong loyalitas. Lalu, bagaimana cara untuk melayani pelanggan secara online? Jika ingin tahu, berikut langkah-langkah yang bisa diikut.

Tips Melayani Pelanggan Online yang Perlu Diterapkan

Saat berbisnis, pelanggan online harus dilayani dengan baik selayaknya pelanggan di toko offline. Adapun  beberapa tips yang bisa diikuti saat melayani pelanggan online, antara lain sebagai berikut:

Respon dengan Cepat

Salah satu cara untuk melayani pelanggan online adalah dengan memberikan respons yang cepat. Pastikan agar menanggapi pertanyaan maupun keluhan pelanggan terkait produk atau pelayanan secepat mungkin.

Gunakan fitur notifikasi untuk memberitahu setiap kali ada pesan masuk sehingga mudah untuk merespon dengan cepat. Selain itu, kamu juga bisa  menggunakan otomatisasi seperti chatbot dapat membantu menjawab pertanyaan umum secara instan.

Personalisasi Layanan

Apabila ingin melayani pelanggan dengan baik, maka kamu bisa memanfaatkan data pelanggan. Panggil pelanggan dengan nama mereka agar lebih personal dan berikan rekomendasi produk yang sesuai dengan riwayat pembelian atau preferensi mereka.

Ketika menanggapi pelanggan di platform online, buatlah pesan yang spesifik dan relevan dengan kebutuhan mereka. Hindari juga memberikan jawaban otomatis yang terkesan kaku dan tidak pribadi.

Tips Melayani Pelanggan Online, Bersikap Ramah dan Profesional

Ketika melayani pelanggan, pastikan untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan dan ramah dalam setiap interaksi dengan pelanggan. Tunjukkan empati dan pengertian terhadap masalah atau kekhawatiran mereka.

Meskipun kamu ingin bersikap ramah, tetap jaga profesionalisme dalam melakukan komunikasi. Hindari bahasa yang terlalu santai atau informal karena mungkin tidak sesuai dengan branding bisnis itu sendiri.

Berikan Informasi yang Jelas

Pastikan seluruh informasi terkait produk, kebijakan pengembalian, dan pengiriman sudah jelas serta mudah diakses. Pasalnya, pelanggan tidak suka jika mereka harus mencari-cari informasi yang seharusnya tersedia dengan mudah.

Apabila ingin menjawab pertanyaan, pastikan informasi yang diberikan sudah lengkap dan tepat sasaran. Ketika memberikan detail tambahan, maka informasi tersebut bisa membuat pelanggan merasa dipandu dengan baik.

Tangani Keluhan dengan Bijak

Dalam menjalankan suatu bisnis, keluhan dari pelanggan merupakan hal yang wajar. Karena itu, dengarkan dengan seksama tanpa menginterupsi dan pahami masalah dari perspektif atau sudut pandang pelanggan.

Segera cari solusi yang tepat agar permasalahan pelanggan bisa diatasi dengan baik. Jika masalahnya lebih kompleks, beri tahu pelanggan langkah-langkah paling tepat yang dapat diambil.

Tips Melayani Pelanggan Online, Tingkatkan Kemudahan Penggunaan Situs Web

Tips lain untuk melayani pelanggan secara online, yakni pastikan situs website usaha mudah dinavigasi. Pelanggan harus dapat menemukan produk dan informasi dengan cepat dan tanpa kesulitan.

Kebanyakan pelanggan mengakses situs web melalui perangkat seluler. Untuk itu, usahakan agar situs usaha yang dimiliki sudah dioptimalkan agar pengalaman pengguna di perangkat mobile lebih baik.

Sediakan Berbagai Kanal Komunikasi

Tawarkan berbagai cara bagi pelanggan untuk menghubungi kamu, mulai dari email, live chat, media sosial, hingga telepon. Hal ini tentu akan mempermudah pelanggan untuk berkomunikasi dengan pemilik usaha.

Perlu diingat, media sosial merupakan platform penting untuk layanan pelanggan. Untuk itu, pastikan agar akun media sosial tetap aktif dan tanggap terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan.


Itu dia beberapa tips melayani pelanggan online yang dapat kamu terapkan. Jika ingin memberikan pelayanan terbaik, kamu bisa bergabung bersama Tokobay! Dapatkan kemudahan berbisnis dengan segera unduh aplikasinya di App Store atau Play Store.

Temui Cerita Lainnya