strategi mengumpulkan modal usaha

6 Strategi Mengumpulkan Modal Usaha, Pemula Wajib Tahu!

Tokobay Team
Tokobay Team
Facebook
Instagram
Twitter
LinkedIn

Dalam berbisnis, seorang pemula harus mengetahui dan memahami strategi mengumpulkan modal usaha. Ya, pengumpulan modal ini merupakan langkah krusial bagi setiap calon pengusaha yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis

Dengan adanya modal yang cukup, maka memungkinkan kamu untuk membiayai operasional, membeli peralatan, mengembangkan produk, dan strategi pemasaran. Lalu, bagaimana langkah paling tepat untuk mengumpulkan modal usaha? Bagi yang ingin tahu caranya, berikut ulasan Minbay!

Strategi Mengumpulkan Modal Usaha yang Patut Dicoba

Modal usaha bisa diperoleh dengan berbagai cara sehingga seorang pebisnis harus bisa mencari langkah paling tepat. Adapun beberapa strategi efektif untuk mengumpulkan modal usaha, antara lain sebagai berikut:

Menabung dari Penghasilan Pribadi

Cara paling umum dan aman untuk mengumpulkan modal usaha adalah dengan menabung dari penghasilan pribadi. Untuk itu, mulailah dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan secara konsisten.

Jangan lupa juga agar membuat anggaran keuangan pribadi yang ketat untuk mengidentifikasi pos pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan untuk membantu melacak pengeluaran dan mengatur anggaran. 

Pinjaman Bank

Pinjaman bank termasuk salah satu sumber pendanaan yang paling sering digunakan oleh para pengusaha. Untuk mendapatkan pinjaman, kamu perlu menyusun proposal bisnis yang solid, termasuk rencana bisnis, proyeksi keuangan, serta analisis pasar.

Bank akan menilai kemampuan dalam membayar pinjaman berdasarkan riwayat kredit dan kelayakan bisnis yang ingin kamu bangun. Pilihlah juga bank yang menawarkan suku bunga kompetitif dan persyaratan yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Crowdfunding

Crowdfunding berarti metode pengumpulan dana dari banyak orang melalui platform online. Platform yang dimaksud, seperti Amarta, Ayopeduli.id, dan Kolase.com di mana memungkinkan kamu mempresentasikan ide bisnis kepada publik dan mengumpulkan dana dari berbagai kontributor.

Agar sukses dalam crowdfunding, kamu perlu membuat kampanye yang menarik dengan penjelasan yang jelas tentang produk atau layanan yang ditawarkan, dan menawarkan insentif untuk para pendukung. Strategi pemasaran yang kuat juga diperlukan guna menjangkau audiens yang lebih luas.

Cari Mitra Bisnis yang Sesuai

Bermitra dengan individu atau perusahaan lain yang memiliki visi dan tujuan sama dapat menjadi cara efektif untuk mengumpulkan modal. Mitra bisnis bisa berbagi modal, sumber daya, dan keahlian untuk membantu mengembangkan bisnis.

Pastikan kamu memilih mitra yang memiliki integritas dan komitmen yang tinggi. Selain itu, susun pula perjanjian kemitraan secara jelas untuk menghindari konflik yang merugikan bisnis di kemudian hari.

Strategi Mengumpulkan Modal Usaha, Pakai Tabungan atau Investasi Pribadi

Apabila kamu memiliki tabungan atau investasi pribadi, pertimbangkan untuk menggunakannya sebagai modal usaha. Namun, pastikan tidak mengorbankan dana darurat atau investasi yang penting untuk keamanan finansial jangka panjang.

Selalu pertimbangkan pula risiko dan pastikan bahwa bisnis yang akan dijalankan memiliki potensi. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengembalian yang lebih tinggi daripada investasi saat ini.

Manfaatkan Jaringan Pribadi

Strategi lainnya yang bisa dilakukan saat ingin mengumpulkan modal usaha, yakni memanfaatkan jaringan pribadi. Cobalah untuk mengajak teman, keluarga, atau kolega yang tertarik pada ide bisnis untuk berinvestasi.

Akan tetapi, pastikan membuat perjanjian yang jelas untuk menghindari potensi konflik di kemudian hari. Tak hanya itu, jelaskan pula risiko dan potensi keuntungan secara transparan kepada calon investor.


Itulah beberapa strategi mengumpulkan modal usaha yang mungkin bermanfaat bagi calon pebisnis. Jika bisnis sudah berjalan, terutama jika menggeluti bidang kuliner, kamu bisa bergabung bersama Tokobay! Dapatkan berbagai kemudahan dengan segera unduh aplikasinya di App Store atau Play Store.

Temui Cerita Lainnya